Pages

Sunday, June 23, 2013

Mudah Terenyuh, Kadang Nyusahin Juga

Ah..banyak kejadian sekeliling kita yang bisa membuat kita terenyuh, kapan aja, di mana pun itu. Mungkin memang sesuatu yang wajar, tapi kadang membuat kita kerepotan juga huhu. Mengapa saya berkata seperti itu? Saya adalah orang yang paling mudah terenyuh, dan kerepotan itu sering sekali saya alami yang bahkan membuat saya malu semalu-malunya. Perasaan terharu, sedih, atau kesal yang kuat sekali sehingga saya susah menghentikan air mata menggenangi pipi, dan itu sama sekali tidak mengenal tempat.

"Kamu bisa nangis, Dhe?" "Si Adhe tuh seneng terus."
Pernah ada yang mengatakan demikian, bahkan sering menjadi pertanyaan teman-teman saya pada umumnya. Mungkin keseharian saya yang hanya tertawa membuat mereka berpendapat seperti itu. Mereka hanya lupa, kalau saya juga manusia sama seperti mereka. Kalau mereka tahu alasan-alasan saya menangis, mungkin mereka akan berpikir bahwa saya lebih cengeng, atau lebih lemah dari mereka.

Pernah ada yang mengatakan bahwa: "Eh, ngapain nangis? nangis itu buat yang penting-penting aja kaleee.." dan juga "Ngapain nangis?? emang bisa ngerubah keadaan?? buang-buang waktu aja. Jadi lebih kuat aja, ga usah pake nangis-nangis segala!"
Nah, itu semua kata batin saya hahahahha prinsip hidup. Kata-kata yang menguatkan saya kalau lagi galau kesel, pengen marah karena seseorang memperlakukan saya dengan kasar, berkata kasar, bahkan mendengar kebohongan seseorang disaat saya tahu yang sebenarnya. Ya, perasaan kesal karena ulah seseorang memang lebih sering membuat saya terpancing untuk menangis. Namun, jika kata-kata prinsip itu tadi terngiang di telinga saya, saya pasti akan bisa menahanya, hingga begitu beratnya sehingga suatu saat akan meledak ketika saya sedang sendiri. Nah, berkumpul bersama adalah cara yang paling ampuh untuk menghindari itu, karena saya sangat bisa menahannya dan tentu saja menutupinya. Apalagi saya adalah orang yang malu untuk menagis di depan orang lain. 
Tapi...
bukan nangis seperti itu yang saya maksudkan.. tapi menangis karena terenyuh..
Ya terus??? KENAPA LO CERITA???
hahaha.. ya sori Blogi, kan kali aja dikiraennya saya nangis karena sesuatu kaya gitu.
Oke, fokus.
Terenyuh itu kadang merepotkan. Kebanyakan orang pasti sering mengalaminya, merasa kasihan dengan hidup seseorang yang dilihatnya sehingga membuatnya terenyuh dan sedih. Mungkin menagis juga sering. Nah, itu, menangis ituuuu!! Saya tidak bisa menahannya!

Pernah di suatu angkot, dulu waktu di Surabaya, saya satu angkot dengan kakek-kakek yang lusuuuuh banget bajunya, apalagi malam itu lampu angkotnya terlihat remang-remang. Biasanya saya tidak peduli dengan orang-orang disekeliling saya ketika sedang di angkot, tapi karena kakek-kakek itu naik ke angkot setelah saya, jadi saya sempat memperhatikannya. Bajunya lusuh, wajahnya seperti lelah sekali dengan karung di pundaknya.. Ya Allah..apa yang hamba keluhkan selama ini..disaat masih ada orang yang lebih susah daripada saya, pikir saya saat itu. Ga tanggung-tanggung, air mata ngalir gitu aja disitu, "aduh gimana ngeberhentiinnya ni," kata saya panik. Emang paling kesel kalo udah di posisi kaya gitu. Mau ga mau, saya mandangi aja terus, depan, dan saya ga mau buat orang-orang disitu curiga kalau saya sedang menangis, jadi enggan juga ngusapnya karena takut dicurigai itu. Untung saja posisi saya saat itu di belakang sopir, jadi saya bisa biarkan air mata ngalir sepuasnya dan kering jika sudah bisa tertahan. Dan sampailah saya pada tempat yang memang seharusnya saya turun. Saya bersama ayah saya waktu itu, sehingga beliau mendengar saya seperti orang yang sedang pilek. "Kamu kenapa pilek?" katanya. "Nda tau," jawab saya, parah, malu-maluin.

Saya masih bisa tenang jika tempatnya masih di angkot, karena tertutup dan masih bisa menyembunyikan. Kejadian yang lainnya emang rata-rata di tempat yang tertutup seperti itu, seperti di warung, sepi, atau lagi nonton sendiri. Di tempat lebih terbuka???? Oh men. Pernah juga Gi, di BIP. Aduh, saya kan paling jarang merhatiin orang kalau ditempat ramai kaya gitu, ya ampun tapi ini ga sengaja lihat di depan mata men, di depan mataaaa. Ada kakek-kakek juga, jualan keset gitu, ya ampun...kasian...... Anak-anaknya pada kemanaaaa? pikir saya. Kaya kedinginan gitu tu kakek Gi..menggigil, koyo di kedua pelipisnya kelihatan banget Gi.. lagi sakit.. bajunya juga lusuh banget Gi. Gimana kalau tiba-tiba hujan.. si kakek ga ada payung Gi.. Ya ampun Gi..kasian Gi... Karena udah ga kuat, ga tau..saat itu ga bisa nahan air mata. Ampun, bayangin itu di depan BIP banget, di deket orang yang jualan hewan melata itu.. orang banyak lalu lalang, ya Allah. Mau sembunyi dimana?? semua posisi pasti kelihatan sama orang-orang yang lewat. Aduh..ampun dah itu repotnya.. dan ga bisa berhenti juga nangisnya.. saya lebay bangey gitu ya?? Arrrrrrgh malu banget itu.. itu kan lagi bareng sepupu, ternyata sepupu beli kesetnya.. ya seneng banget.. tapi gara-gara denger suaranya, nangisnya menjadi-jadi Gi.. udah itu, terserah orang lain lihat.. yang penting ga kelihatan sama si kakeknya. Yaudah saya usap-usap air mata terus.. udah, pasrah.. air mata emang belum pengen berhenti..huhu.. Emang kerepotan jadinya..

Kenapa lebay banget ya Gi, huhu.. Saya pengen ngerubah itu, tapi susaaaaaah. Aaaaaa tolong..
Mudah terenyuh itu sangat merepotkan.. :(

No comments:

Post a Comment