Pages

Sunday, May 15, 2011

FTP Client via Web

Paling banyak situs situs yang menyediakan layanan hosting gratisan untuk proses upload file apakah itu file web, file data, file musik dan file lainnya dari komputer anda ke dalam hosting melalui file manager web. Atau juga banyak pula yang telah menyediakan fasilitas proses upload melalui FTP client. FTP client seperti turboftp, filezilla, cuteftp dan sebagainya. Kalau anda lebih suka mengupload file file halaman web yang anda punya melalui FTP client, sudah pasti anda harus menginstall software FTP client terlebih dahulu ke dalam komputer anda.

Atau juga bila anda mengupload file dari komputer anda ke hosting yang misalkan hosting tersebut hanya menyediakan file manager lewat web, anda di repotkan untuk memasukkan satu persatu file mana yang akan di upload. Dan ini memakan waktu cukup lama bila file yang akan anda upload cukup banyak.

Kalau anda ingin mengupload banyak file sekaligus dan secara cepat ada script php yang bisa anda install ke dalam hosting yang anda miliki. script PHP ini lisensinya free alias gratis. Setelah anda install script PHP ini maka anda bisa melakukan proses upload/download file, atau juga merubah settingan pada file, melakukan perubahan nama file/folder, melakukan memindah file/folder, atau juga mendelete file/folder pada hosting layaknya anda menggunakan ftp client.

Script PHP yang saya maksud bernama Net2FTP. Net2FTP ini merupakan FTP client nya web. Tanpa perlu anda menginstall software ftp client, cukup dengan menggunakan Net2FTP melalui web, anda bisa menjalankan perintah perintah layaknya software ftp client. Memang seh script PHP Net2FTP ini cukup besar kapasitas file scriptnya  , kalau anda terbentur dan kesulitan dalam menginstall script PHP Net2FTP ini, anda bisa menggunakan NetFTP langsung pada situs pembuatnya.

Yang anda perlukan untuk dapat menggunakan FTP client melalui WEB dengan memanfaatkan Net2FTP adalah alamat Host FTP servernya, Usernamenya, portnya serta bila anda mengetahui root dari hosting yang anda miliki , anda bisa masukkan.

Yang menurut saya sangat sangat berguna dalam menggunakan Net2FTP ialah memungkin kita untuk melakukan unzip atau mengextrack file zip langsung dari web. Proses ini cukup berguna bila anda mempunyai file halaman web atau juga script yang banyak jumlah filenya . Anda cukup mengkompress file file web/script yang akan anda taruh dalam hoasting. bisa di kompress menggunakan winzip, winrar atau software kompression lainnya. Pokoknya file yang terkompress nanti berextension zip atau gzip. Setelah anda kompress semua file lalu anda upload ke dalam hosting. Bila telah setelah di upload, lalu anda akses Net2FTP, nanti di dalam Net2FTP terdapat fasilitas untuk mengunzip file yang telah anda upload sebelumnya. Anda pilih file .zip atau .gzip lalu anda klik saja menu unzip, lalu anda arahkan tujuan dimana file akan di extrack.
Cara seperti ini menurut saya cukup praktis dan prosesnya cepat, tanpa perlu anda upload file satu persatu melalui FTP client atau pun file manager web. Bisa menghemat bandwidth internet anda serta b/w hosting anda 



No comments:

Post a Comment