Pages

Wednesday, January 15, 2020

Istilah-istilah dalam MPASI

Hi Superb Moms, aku mau share istilah-istilah yang bakal kita temuin dalam masa-masa per-MPASI-an 😅 Ini aku ambil dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. Cekibrooot!


💚 Karbo : Karbohidrat, bisa didapat dari beras putih, beras merah, campuran beras (beras putih, beras hitam, beras merah, dan beras coklat), kentang, jagung, ubi, ketela

 ðŸ’š Prohe : Protein Hewani, protein yang berasal dari hewan, contohnya telur, susu, daging, dan ikan.

💚 Prona : Protein Nabati, protein yang berasal dari tumbuhan, contohnya kacang-kacangan,tahu, dan tempe.

💚 LT : lemak tambahan UB = Unsalted Butter/mentega tawar EVOO = Extra Virgin Olive Oil/minyak zaitun murni EVCO = Extra Virgin Coconut Oil/minyak kelapa murni ELLO = Extra Light Olive Oil

💚 Bumtik: Bumbu aromatik yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, kayu manis, seledri, dll. Fungsinya adalah sebagai penambah cita rasa aroma makanan.

 ðŸ’š GTM : Gerakan tutup mulut

💚 Puree : Makanan yang dilembutkan baik itu dengan blender, grinder, ditekan-tekan, dipenyet atau disaring. Puree biasanya dibuat dari bahan dasar berupa sayur atau buah. Namun bisa juga ikan dan daging. Bagus dikenalkan pada awal-awal MPASI (Usia 6 bulan). Tekstur dari saring halus ditingkatkan terus seiring berjalannya usia hingga menjadi tekstur seperti makanan keluarga.

💚 Bubur saring : Bubur yang telah dimasak dan disaring

 ðŸ’š Konvensional (spoon Feeding) : Ibu menyuapi anak dgn tetap melibatkan anak secara aktif untuk makan

 ðŸ’š Memasak dengan Slowcooker : Memasak dengan menggunakan alat bernama slowcooker (memasak perlahan) namun kandungan gizi makanan ttp terjaga

 ðŸ’š Menu tunggal : Menu MPASI yg terdiri dari 1 bahan makanan (unsur lauk), biasanya + LT

 ðŸ’š Menu 3 Bintang: Menu yang hanya terdiri dari karbo, salah satu protein (prona saja atau prohe saja), serta serat.

 ðŸ’š Menu 4 bintang : Menu dengan 4 unsur (karbohidrat, protein nabati, protein hewani, sayuran), serta LT dan bumtik sebagai pelengkap.

 ðŸ’š BLW (Baby Led Weaning) : Membebaskan anak makan sendiri dari awal proses makan. Kata ‘weaning’ berarti menambahkan makanan padat ke dalam menu hariannya sebagai pendamping ASI, misalnya finger food (makanan yang bisa digenggam oleh bayi, biasanya berbentuk memanjang seperti jari). Bayi diberikan finger food dengan beragam jenis makanan mulai dari sayur, daging, tempe, tahu, nasi, dll, yang dapat digenggam bayi sehingga bayi belajar mengonsumsi makanan padat sejak awal MPASI.

💕 Pengukuran menggunakan measuring spoon/sendok takar
Tbsp = tablespoon/sendok makan
Tsp = teaspoon/sendok teh
Superfood = bahan makanan yang memiliki nutrisi tinggi

Apa lagi yaa.. silahkan komen kalau ada tambahan ya hehe. Ganbatteeee!

Source: IG @nazmigifari29, @sasa_abie, Blog Babyologist

No comments:

Post a Comment