Pages

Saturday, October 26, 2019

Ga Boleh Ngerayain Ultah, Katanya

Pendapat pribadi, kalau sesuai judul sih ya tergantung, niatnya buat apa dulu. Ada nih sempet nemu di beranda FB di share sama Mbak Rani, postingan seseorang yang isinya sbb:


Setuju banget. Sebenarnya "merayakan ultah" yang dimaksudkan disini bukan acara hura-hura kaya di tv atau orang-orang kebanyakan yang ada tiup lilin dan embel-embelnya. Tapi acara syukuran sekaligus sedekah. Setuju banget.. menurut aku syukuran sedekah itu biar bisa ngajarin anak kalau sampai usia segitu ga lain dan ga bukan karena atas izin Allah, jadi dia bisa bersyukur. Dan untuk sedekahnya, buat ngajarin anak kalau apa yang kita miliki sekarang itu semuanya milik Allah dan kita harus berbagi dengan orang-orang yang lebih membutuhkan, jadi anak lebih bersyukur dengan apa yang udah dia miliki saat ini, seperti ortu yang lengkap, pakaian dan makanan yang baik, yang belum tentu didapatkan dgn orang-orang seusia mereka. Allahu'alam bis shawab.

Dulu aku pernah discuss sama papah Airin buat ngehindarin anak dari ngerayain ultah yang ada tiup lilin dkk (jangan kaya emaknya dulu khilaf wkwkkw). Lebih baik ngajarin syukuran (dan sedekah) biar ada tabungan diakhirat. Kan apa yang kita sedekahkan (dengan ikhlas) di dunia bakal jadi bekal kita diakhirat? Tapi.. sssst.. namanya juga ikhlas. Jangan sampai mengungkit atau post dimana-mana, takut riya'! biar terjaga keikhlasannya.

Okeeeeesip

No comments:

Post a Comment