Pages

Saturday, January 24, 2015

Ketika kita masih memperhatikan derajat seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, atau bergaul dengan seseorang karena tergantung pada kedudukannya dalam masyarakat, maka kita tidak akan pernah merasakan indahnya ketulusan dalam menjalin hubungan.

Ingat, dimata Allah, derajat kita adalah sama, karena sama-sama hamba-Nya. Yang membedakan adalah tingkat ketakwaan kita pada-Nya dan hal itu hanya diketahui oleh Allah swt.

Jadi, tidak perlu rendah diri dan tidak perlu berkecil hati atau marah ketika orang lain meremehkan kita. Itu adalah hak mereka, dan tentunya bukan urusan kita. Kita hanya harus terus fokus untuk berbuat baik pada sesama, bermanfaat bagi orang-orang, melakukan segala sesuatu yang disukai Allah. Jangan pernah bosan berbuat baik dan tetaplah tulus melakukan apapun. Ingat, jika seseorang berbuat tidak baik ke kita, maka itu adalah urusan ia dengan Allah. Urusan kita adalah tetap berbuat baik dengan tulus ikhlas dan tetap berbaik sangka pada-Nya.

Memang sangat mudah berbuat baik pada orang yang telah baik kepada kita, kemudian menyayanginya. Namun, islam mengajarkan bahwa kita juga harus menyayangi orang yang bahkan membenci kita.

No comments:

Post a Comment