Pages

Thursday, September 16, 2010

Keprok-keprok dah buat tu Dosen, Mantep!

Ada dosen di kampus saya, SUWER! bikin ngakak gila! Bukan ngakak si, tepatnya tercengang. Hmm ini bukan lebay si ya..tapi emang kenyataan yang saya alami seperti itu.

Nama si bapak.. Dewa Gede Parta. Beliau megang mata kuliah Kognitif komputasi pada semester I ini. Dosen yang saat ini buat saya salut lah, ga percaya sama apa yang dimunculinnya (dipresentasein) ke anak-anak kelas, kemarin (lupa,kapan, yang pasti pas minggu kedua kuliah, hari Kamis). Bahkan saya sempat mikir, ini dosen gilaaaaaa kali yaaa ?? jyahahahhah..jangan!! bukan gila, tapi terlalu waras..dan pastinya cerdasss! Ajib! Salut pokoknya.

Mata Kuliahnya..ngelatih mental lah pokoknya, katanya, karena hanya bermain rumus. Belum keluar dari benang merah (istiqamah, Red), ini cuma pengaplikasian rumus-rumus matematika dasar yang udah diajarin di sekolah, seperti operasi bilangan..phytagoras..deret bilangan, daaaaan lain lain.

Kemaren itu.. awalnya si bapak nyuruh salah seorang diantara temen-temen untuk maju (ditentuin sama pak Dewo si), tau gak majunya disuruh apa ?? Gambar ! Persegi, Persegi panjang, Segitiga, Bintang.. GUBRAK ! suasana yang ngenterin saya ke 13 tahun yang lalu.. haha ini GILA !
Eh..tapi jangan ngikut bilang GILA juga.. Justru ini awal yang membuat saya kagum (mungkin bingung) dengan suasana itu. Dosen yang unik :D Saya baru nemuin pengajar yang begitu uniknya. It's just in POLBAN :p

Udah itu kan ya.. pak Dewo nanya-nanya ke anak yang ngegambar bangun-bangun datar tersebut. Intinya..apakah teman-teman buat gambar itu dengan pemahaman matematika, atau cuma sekedar menuliskan apa yang tergambar di otak. Dari wajah teman-teman yang ngejawab pertanyaan itu, hmm gimana ya? kebingungan! haha! Saya juga bingung si maksudnya si bapak teh apa-___-
Tapi rata-rata pada ngejawab kalo di otaknya mereka tebangun datar itu ya itu (kira-kira seperti ini, hehe). Kalo dijawab gitu, di tanya lagi, matematikanya masa ga dipake? Ah..saya tambah bingung-____- yang ngejawab pertanyaan, apalagi! mungkin, hehe. Nah..yang gambar bintangnya..di jadiin PR, tugasnya di suruh nyari rumus mencari letak titik sudut pada bintang (supaya tu rumus bisa dipake buat ngegambar bintang). Bintang gini lo ya maksudnya..
Nah..besoknya kan diperiksa tuh (saya ga ngerjaen..bener-bener ga tau lah rumusnya. Asa ga pernah di ajarin iu teh di SMA..). Pak Dewo minta ada yang maju buat ngejawab tu soal.. katanya "jangan takut salah, kalau selama sekolah anda belajar dari yang benar, tapi di kuliah ini..anda harus belajar dari yang salah, harus tahu salahnya dimana, harus tahu tidak mengertinya dimana."

Dua orang teman kemudian maju, Asep dah Joe. Pada saat itu, rumus yang dibentuk oleh Joe masih belum bersifat umum, menurut pak Dewo. Orang yang menggunakan rumus tersebut akan kesusahan. Maksud pak Dewo di sini yaitu, rumus umum tersebut harus terdiri dari variabel-variabel..sehingga seseorang dapat dengan mudah mengganti variabel tersebut dengan nilai yang telah nyatakan. Dan dalam diskusi ini, jawaban dari Asep memang hampir mendekati benar.. karena ia telah menggunakan variabel. Tapi, itu dia..hampir mendekati benar, jadi masih ada yang salah dalam rumusnya. Pak Dewo dan Asep pun sesekali berdebat.. Dan kelas mulai hening ketika pak Dewo mulai menuliskan rumus yang seharusnya. Kemudian.. di piundahin lah ke Microsoft Excel.. Edan.. jadi gitu lah!!!
Jelas saja saya terkejut. Gila..ini dosen bisaan nulis rumus kayak gini..
As you know, saya tidak pernah sebelumnya bertemu dengan pembimbing di kelas yang seperti ini. It's amazing! Sepertinya, saya mengagumi beliau! :D
Saya akan berusaha agar bisa menjadi seperti beliau! :D
SMART!! SEMANGAT!

No comments:

Post a Comment