Pages

Sunday, July 28, 2019

Hello World from Airin! Beginilah 'Drama' Ngelahirin Airin Haha

Akhirnya setelah melalui 1000 purnama, bayi mungil kami lahir juga.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.

Perjuangan.. berawal dari air ketuban pecah..
Aku cerita ya..

Aku dan Suami nginep 'di bawah' (Sumbawa) dari tgl 15 Juli, di rumah ortu di Seketeng. Ke sana dulu karena setelah aku lahiran, kami bakal nginep di Panto Daeng. Planning awal, awal Agustus mulai nginep karena hpl 7 Aug, tapi jaga-jaga juga kali aja lebih cepet 2minggu dari hpl seperti kebanyakan pengalaman emak-emak muda lain, eh ternyata.. mashaAllah.. brojolnya emang maju 2minggu haha.

Tgl 25 Juli, pukul 04.00,
aku kebangun dari tidur karena ngerasa seperti ada air ngalir dari jalan lahir, kayak lagi mens tapi ngalir terus. Duh apa ini..pikirku.. jangan-jangan...KETUBAN!! Masih ga percaya, aku terus duduk, bangunin Suami. "Abang, pecah ketuban kayanya ini.." kataku. Suami bangun, kaget, keluar kamar dengan ekspresi panik lalu bangunin mamak. Hebohlah satu rumah. Kalau aku langsung ke kamar mandi. Asli kayak air keran..ga berhenti ngalir airnya. Sampai akhirnya berhenti, aku bersih-bersih, kita siap ke puskesmas. Suami sudah telp mamak bapak di Panto Daeng (ortuku) dan mereka info bakal nyusul kesana. Mamak udah kemas barang. Oke..let's go!

Aku dan suami ke puskesmas naik motor, aku dibonceng. Kalau ini aku masih nyantai karena bener-bener belum ngerasain apa-apa, tapi masih aneh aja sama air ketuban yang ngalir kayak tadi.

Sampai puskesmas, aku lihat adikku Deni keluar gerbang, ternyata dia yang bangunin info ke pihak puskesmasnya kalo aku kesana. Lewat pintu samping, masuk ruangan, ternyata ga ada pasien lain di sana..yesss. Suami ngerapihin tempat tidur buat aku bebaring. Kebetulan ada dua bidan yang keluar nyambut aku, dan nyuruh bebaring juga.

Pukul 05.03,

Mamak (mertua) datang.. dan nemenin..

Mamak (kandungku) sempet misskom, sebelum ke puskesmas ternyata malah nyusul ke rumah Seketeng.. Padahal suami ngomong di telp kalau aku mau bawa ke puskesmas zzz.. Ini mamak baru sampai puskesmas.. dianter bapak. Alhamdulillah.

Suami lagi keluar mau sholat subuh, abis itu belanja beli makanan. Pas dateng, aku dibawain susu ul*ra yang gede (lupa berapa ml), sama roti-rotian, aku makan semua karena ga ngantuk-ngantuk (padahal disuruh tidur terus). Gantian jaga, mamak-mamak juga pengen subuhan, jadi mereka pulang ke rumah Seketeng jalan kaki (emang lagi pengen katanya, gamau dianter), jadi suami yang jagain sendiri di Puskesmas.

Pukul 07.15 (baru sempet foto)

Dua bidannya datang lagi. Salah satu dari mereka ada yang ke dalem ruangan satuan ngambil alat mereka gitu..teuing apa aja ga merhatiin..ada sarung tangan juga (sempet horror tau aku tu liat alatnya :((( aku deg deg an masa).. Aku diperiksa, masih bukaan 1 katanya.

Pukul 08.00,
Bidan yang bertugas ganti orang (ganti shift). Di cek lagi sama yang bertugas, masih bukaan 1. Kalau sampai jam 9 ga ada perubahan, kita rujuk ke RSUD ya..katanya. Aku langsung berdoa dalam hati semoga langsung bukaan lengkap biar ga usah kemana-mana lagi.

Pukul 09.08,
Ga lama kemudian, bidannya prepare alat infus.. sempet salah nusuk terus beleber gitu darahku :((((( pas tusuk yang kedua kalinya baru bener trus aku lanjut bebaring sambil ngeliatin tangan yang di infus. Seumur-umur baru pertama kali diinfus.


Bidannya ngecek lagi, masih bukaan 1 juga.. Mulailah suami sibuk nyiapin dokumen rujukan, ttd sana sini. Beres. Aku dibawa pake mobil ambulans dan pake sirine menuju RSUD. Baru pertama kali naik ambulans dan moga ini yang terakhir. Di dalam ambulans aku ditemani sama kedua mamak tercinta.

Nyampe RSUD, suami ngurus dokumen yang dibutuhin. Aku baring-baring di ranjang RS, dilorong.. jadi orang lalu lalang disana :( syukurnya ada tirai..jadi bisa ditutupin. Pas bidannya dateng, ngecek lagi, masih bukaan 1 katanya..Yaa Tuhaaan.. aku pengen langsung ke bukaan 8 supaya ga ditanyain lagi. Aku sempet foto..wait. Ini sebelum HP mati..jadi masih sempet.

Pukul 09.59,

Itu..aku lagi nunggu (nunggu kejelasan menurutku, asli gaje banget di situ terus tanpa info apapun). Pas di situ, aku sering buang air kecil, syukurnya toilet ga jauh. Keluar ruangan, tepat di depan pintu sebelah kiri toiletnya. Jadi bisa lah sambil jalan juga walaupun sendiri. Ada kali ya 3x ke toilet. Ga berapa lama, pas lagi baring, datang petugas bawa kursi roda, mau dibawa ke ruang bersalin katanya. Oh aku pikir bersalin di sini preeet salah paham. Terus aku dibawa pake kursi roda ke sana. Mayan belok belok..lewatin orang-orang.. lebih tepatnya ngelewatin keluarga/kerabat pasien yang lagi nunggu dan ada juga yang lagi tiduran di sepanjang koridor yang aku lewati. Ga tega liatnya.. :(

Sampai depan ruang bersalin, banyak orang lalu lalang juga..ternyata di dalemnya ada banyak bumil yang mau bersalin.. dan posisiku saat itu emang lagi nunggu giliran..hemmmm. Masih di teras ruangan ni, belum masuk, tiba-tiba aku diminta masuk. "Kuat berdiri sendiri?", aku jawab kuat. Aku masuk ke dalam.. bener-bener 1 ruangan kamar... sebelah kanan ada 4 sekat (pakai tirai) yang isinya bumil, sebelah kiri berjejer space kosong, toilet, space peralatan (kaya gudang). Di depan pintu kalo jalan terus, ada ruangan lagi..tembus. Kayanya ruang operasi, gatau ah, yang pasti ada dokter kandungan di dalemnya. Lanjut ya. Nah, tepat di depan sekat ke-3 dari pintu, ada ranjang yang kosong, terus aku disuruh baring di situ. Disusul bumil lain datang.. terus ia tidur di depan sekat pertama deket pintu. Gileeee...artinya ada 6 bumil di ruangan sempit itu. Dan aku waktu itu ga pake sekat..cuma di tengah-tengah antara sebelah kiri dan kanan. Di dalam sekat 3 lagi ada bumil lain, karena ngalangin jalan..ranjangnya di posisikan agak menjorok ke dalam sekat 3 jadi orang bisa lalu lalang di sana.

Sekitar pukul 12.00,
Aku dicek lagi, masih pembukaan 1 juga sampai akhirnya bu bidannya info bahwa aku harus dikasih perangsang / diinduksi. Emmaaaaak :'((( takut...keinget katanya sakitnya 3x lipat dari sakit yang normal.. takut..astagfirulloh. Bismillah aja semoga ini yang terbaik :(( aku terus dzikir dalam hati ga putus-putus plus baca doa nabi Yunus :((

Pukul 13.30,
Sebotol kecil cairan disuntikin ke infusku.. Aku mulai nangis ditemani suami. Suami tetap nguatin aku di samping sambil genggam tanganku, terus mijit kakiku.

Sekitar pukul 14.00,
Aku ngerasain sakit perut kayak pengen pup, ya.. kontraksi namanya. Aku mulai fokus ngerasain frekuensinya setiap berapa menit sekali. 10-15menit sekali.

Ga terasa nunggu di sana sudah hampir 4 jam, aku disuruh siap-siap masuk ke dalam sekat yang kosong. Setelah dokternya ngajakin bumil di dalam sekat ngobrol-ngobrol nanyain keadaanya dll, ga lama ibu-ibu dan keluarganya keluar dari sekat 4. Ternyata bukan bumil isinya, tapi ibu-ibu yang sudah ngelahirin, aku salah. Penasaran..jangan-jangan di sekat lain juga gitu alyas isinya ibu-ibu yang baru beres lahiran juga. Oh iya..ibu-ibu yang keluar dari sekat 4, aku liat bayinya..mashaAllah.. pasti seneng udah lahiran. Oke..aku pikir aku bakal dipindahin ke sekat 4. Tiba-tiba di sekat 3 juga ada ibu-ibu yang keluar bareng keluarganya..ternyata bener yang aku pikir bumil ternyata udah beres lahiran juga daritadi (sebelum aku masuk ruangan) dan disuruh istirahat disana.

Pukul 14.30,
Ranjangku didorong masuk ke sekat yang ke 3. Kontraksinya semakin sering. Aku tiduran dan nahan sakit.. miring ke kiri, ngadep tembok.

Sekitar pukul 15.00,
Aku bener-bener kesakitan.. kontraksinya semakin parah, frekuensinya semakin sering. Sumpah ya, aku jarang banget ngeluhin fisikku sakit karena semua sakit yang pernah aku alamin semuanya masih bisa aku tahan. Tapi saat itu bener-bener..aku baru rasain sakit yang begitu hebat seperti itu. Terserah kalau ada yang bilang lebay..bodo amat.. yang aku ingat rasanya seperti pengen pup tapi perut ditusuk dan diputerrrr ditahan lalu ditarik paksa..subhanallah. Aku terus istighfar, aku yakin ini cepat berlalu dan ini sudah jadi kehendak Allah..alhamdulillah dan aku yakin Allah pasti tolong aku. Ampun kalau ingat lagi rasanya..subhanallah.. Aku minta maaf ke suamiku, ke mamakku, ke mamak mertua, mereka ga berhenti doain aku, pegang tanganku, kakiku, pijit punggungku. Mereka gantian suapin aku telur rebus dan ngasih minum. Aku liat mamak mertua juga ga tega liat aku, jadi kadang cuma datang nenangin terus keluar ruangan. Oia..aku tetep ngadep tembok sejak masuk ke sekat 3 itu. Rasanya ga pengen diganggu, aku pengen fokus sama dzikir aja biar sakitnya ga berasa. Sampai aku benar-benar penasaran sama bukaannya sudah berapa..aku minta suami panggilin bidan. Suami bilang nanti bidannya datang, katanya, dan aku minta SEKARANG karena aku rasa sakitnya semakin parah. Mamakku juga aku mintain tolong, aku pengen bidannya ngecek saat itu juga, tapi mamakku cuma bilang sabar (sumpah pas itu aku hampir teriak walaupun ga pengen teriak..biar bidannya denger). Suami bilang, mereka harusnya cek setiap 6jam sekali setelah diinduksi. Dong jam setengah 8 dicek lagi? Gila gila gila.. dalam hati apa semua bumil yang diinduksi ditreatment seperti itu? Setiap orang kan kondisi fisiknya beda-beda. Sakit sekali.. tiba-tiba bidannya datang dan ngecek. Bukaan 3 katanya.. Alhamdulillah. "Semoga cepet nambah bukaannyaaaaa," doaku dalam hati :'(((

Sekitar pukul 17.00,
Kontraksinya semakin hebat.. dan frekuensinya 3menit sekali. Aku ngerang kesakitan, suami manggilin bidannya lagi. Bidan datang dan langsung cek, sudah bukaan ke 7. Woh cepat, katanya kaget. Apalagi aku. Alhamdulillah.

Sekitar pukul 18.00 (sebelum magrib),
Kontraksi semakin kuat, 1 menit sekali. Mamak-mamak minta aku makan makan dan makan. Sumpah kalau ga disuapin kayanya ga bakal bisa makan sendiri. Aku sadar disitu bahwa aku cuma manusia lemah yang ga bisa apa-apa kalau bukan Allah yang ngasih kekuatan. Aku terus lawan sakitnya.. Kontraksi semakin hebat dan hebat, aku pikir aku ga bakal tahan.. :'(( Aku minta dipanggilin bidan lagi.. rasanya pengen keluar pup. Suami ke tempat bidannya lagi dan kembali tanpa bidan. Katanya disuruh sabar. :'(((

Pukul 19.00
Aku sudah ga karuan, dzikir terus ga putus.. biar ga fokus sama sakitnya :'(((((( berdoa agar Allah selalu bersamaku dan memudahkan proses saat itu. Sakitnya semakin parah..perut seperti diputer parah. Aku pengen pup dan malah pup beneran di tempat tidur. Bau pup nyebar.. aku ngerasa jadi wanita paling jorok sedunia. Pas itu aku langsung tau ternyata semua ibu yang ada di tirai sebelahku juga lagi nunggu lahiran.. sudah diinduksi juga mashaAllah. Aku auto ngedoain mereka supaya lancar-lancar prosesnya. Haaa pokonya aku cuma pengen bidannya datang saat itu dan tetep ngecek apa bayiku sudah boleh keluar atau ngga, karena aku bener-bener ga tahan. Mamak bilang, itu karena urat syaraf yang terhubung antara aku dan bayiku mulai putus. Sakit.. Aku disuruh makan telur lagi..biar kuat. Minum cuma dikit yang penting telur yang udah aku kunyah ketelen. Telur seperti ga ada rasanya, ketutup sama rasa sakit yang luar biasa. Kali ini sakitnya diiringi auto ngejan. Sumpah bukan aku yang pengen ngejan, gatau malah ngejan sendiri dan diluar kendaliku. Bu bidan buka tirai dan aku langsung noleh. "Pengen keluar ini.. ngejan terus soalnya Mbak" kataku. Bidannya ga masuk dan langsung jawab, "Jangan ngejan ya, jangan ngejan, tahan. Kasian bayinya. Sebentar," katanya sambil pergi dan nutupin tirainya lagi. Waduh.. beneran itu mah bukan aku yang pengen. Aku coba tahan gabisa-bisa :'( Pup keluar terus gara-gara ngejan. Saat itu mamak yang bersihin, maaf mak :'(((

Ga lama kemudian, 2 bidan datang.. bawa perlengakapannya (pakai meja peralatan yang ada rodanya itu).
"Sudah makan?" tanya salah satu dari mereka.
"Sudah Mbak.. cepet dah di cek Mbak.. kayanya mau keluar ini." kataku ga berdaya.
"Betul udah makan? Makan lagi.." kata bidan lainnya dan mereka lalu keluar lagi.
Ini aku tetap ngadep tembok, kalau ada bidan dan ngomong ke mereka aja nengoknya. Liat mereka langsung pergi..dalam hati.. Astagfirulloh kapan mulainya ini..kenapa mereka pergi lagi..pikirku. Terus lanjut dzikir lagi. Masih auto ngejan..bener-bener diluar kendaliku dan aku gabisa tahan biar ga ngejan :'((((

Pukul 19.30
Sakit sakit sakit. Cuma itu yang bisa aku rasain. Kontraksi semakin luar biasa hebat..setiap 2detik sekali datangnya. Dua bidan sudah ada di depanku lagi. Salah seorang bidan tanya lagi, "Sudah makannya?" "Sudah Mbak..", kataku semakin ga berdaya karena bidan masih basya basyiiiiii.
"Itu makannya masih ada.." katanya lagi sambil nunjuk paket makan untuk pasien dari RS.
Oh God..aku sedang malas ngeladenin basa basi.. kenapa bidan-bidan ini. Mamak ngambilin paket makan pasien itu dan minta aku untuk makan. Oke..ini terakhir..pikirku, aku turutin.. walaupun sebenernya aku udah kenyang gara-gara dari pagi makan telur rebus. Aku lihat bidannya lagi ngatur peralatannya seperti sedang prepare buat aku lahiran. Aku makan sesuap..sambil nahan sakit dan tetep ada rasa ngejannya. "Aduh ngejan.." rengekku spontan. Then bidannya bilang, "Jangan ngejan, tahan. Kita cek lagi ya.."
Aku diminta baring, dan salah satu dari mereka ngecek dan kaget, "wah sudah lengkap ini!" Waduuuuh aku kaget. Terus aku bilang yauda aku lanjut makan dulu.. biar semakin strong. Kebetulan enak makanannya..sampe lupa sama sakit yang terus-terusan datang. Aku disuruh ngabisin  makanannya. Aku makan cepet-cepet biar bisa baring lagi. Pas ngejan lagi, pup keluar lagi.. tolong :'((( maaf ya jorok. Salah satu bidannya ngetawain aku, katanya: "baru liat bumil bukaan lengkap tapi masi sempat makan." Astagfirulloooooh aku tetep lanjutin suapanku dan makan terus.. sampai habis. Bidan yang tadi, cerita, "Dulu saya udah sampai bukaan 8, ga kuat, pilih sesar..". Edun.. malah dapet cerita begitu, aku sadar bahwa aku harus fokus kalau aku ingin normal, ga mau terpengaruh.

Beres makan (ada kali 5 menitan makannya), aku lanjut baring. Suami stay di samping. Kontraksi jangan ditanya, seperti ga ada jeda, sudah sakit sekali, rasanya perut digebukin ribuan orang. Dan saatnya fokus brojol. Disana cuma ada kami berlima (2 bidan, suami, mamak, dan aku). Suami pegang tanganku.. bismillah..aku mulai disuruh ngejan. MasyaAllah..aku bisa ngejan padahal aslinya gabisa..sungguh kuasa Allah. Aku disuruh tarik nafas.. hembuskan lewat mulut. Kepala bayinya sudah kelihatan dan makin kelihatan, katanya. Suami juga bilang begitu, lanjut ngasih semangat. Pas ngejan.. bidannya bilang "sambung ngejannya jangan putus." Aku ngejan lagi, ngejan terus, fokus ngikutin semua instruksi bidan.

Pukul 19.45,
Akhirnya pas ngejan kesekian (sekitar 7 atau 8kali ya, lupa, aku ga hitung), kepala bayiku keluar dan diikuti anggota tubuhnya yang lain (pas beres kepalanya keluar asli rasanya kaya agar-agar yang ketarik). Lega, Alhamdulillah. Bayiku diangkat ke udara..tali pusarnya kelihatan. "Cewek ya.." kata bidannya konfirmasi. Alhamdulillah.. terharuuu :'''') Merdeka!! Aku terharu..suami terharu. Suami ga bisa nahan air matanya lagi. Yang pasti..semuanya bahagia pada saat itu.


Aku dapat jahitan, tapi gatau berapa. Aku tanyain bidannya, "berapa jahitan Mbak?". Tapi dijawab "ah ga perlu tau.."
Aku : terus kalo orang tanya saya dapat jahitan berapa, saya jawab apa
Bidan : bilang aja ndak penting jahitannya berapa, yang penting aku ndak pendarahan, bilang gitu aja.
Lah..begitu katanya --___-- Setelah selesai dijahit, aku didekatkan dengan annakku. MashaAllah..ini yang kemarin-kemarin suka nendang-nendang di perutku, MashaAllah.. Sempet IMD (Inisiasi Menyusui Dini) alyas ngasih ASI pertama buat bayi, sedih cuma setetes..untungnya dia bobo lagi abis nangis.

Keluarga silih berganti jengukin di sekat 3 itu. Alhamdulillah udah buang air kecil juga ditemenin suami. Ga lama setelah baring-baring lagi, bidan infoin bahwa aku akan dipindahin ke ruangan lain untuk istirahat. Besok sudah boleh pulang, katanya, setelah bayinya pup. Saat kursi roda datang, aku langsung naik dan bidan nganterin kami sekeluarga ke ruang inap (lupa nama ruangannya).

Sekitar pukul 22.00,
Sampai di ruang inap, ada 1 pasien lain juga di sana, jadi berdua. Aku nginep ditemenin suami, mamak, ibuk (ibuk Peh). Anak bobo pulas di box bayi. Coba kasih ASI (lagi), cuma keluar setetes :(( PR-nya ngasih ASI terus biar anak bisa nen.

26 Juli 2019, 09.00
Anak dimandiin sama bidan, sudah pup juga. Semua prepare pulang. Oia, pagi-pagi, mamak (mertua) dateng bareng Yuan dan mamanya. Yeayy rame.

Pukul 11.00
Bapak jemput pake mobil, kami pulang ke rumah Panto Daeng, Alhamdulillah. Menurutku 2hari itu hari yang panjaaaang. Btw, tgl 26 itu pertama kalinya Airin-ku naik mobil hahaha di pangku sama ape Ahimnya di mobil.

Oia, anakku bernama Arinizar Fatihah, dipanggil Airin. Nama ini sudah kami (aku dan suami) planning-kan saat pacaran dulu hahaha. Yang pasti..nama anak penginnya ada 'Zar' nya, biar sama kaya papahnya. Dapetlah 'Airinizar Fatihah'. Airini artinya kedamaian (bhs Polinesia/Prancis), Zar artinya terang (dari nama papahnya, Sonizar, bhs Arab), Fatihah artinya pembuka (bhs Arab).. jadi anak pertama (pembuka) yang memberikan kedamaian dan penerang untuk semuanya. Kami bertiga adalah member 'The Zar' wkwkwk alay yak. Gppa..yang penting Allah ridho. Aamiin :) Terima kasih ya Gi sudah menampung ceritakuuu. Kapan-kapan aku baca lagi..sebagai pengingat :)

Pesanku buat ibu-ibu yang saat ini sedang hamil:
- Nikmati setiap proses saat masa kehamilan.. sungguh itu nikmat terindah bagi kehidupan berumah tangga yang tidak semua wanita merasakannya. Jadi jangan suka mengeluh, karena yang kamu keluhkan itu adalah sesuatu yang diidam-idamkan seorang wanita yang menginginkan seorang anak hadir dalam hidupnya.
- Jaga pikiran..selalu positive thinking, pastikan mood happy terus agar janin ngerasain emaknya lagi happy. Caranya? Husnudzonbillah atau berbaik sangka kepada Allah. Misalnya, saat sesuatu tidak sesuai apa yang kita inginkan, artinya itulah yang terbaik untuk kita saat itu. Allah Maha Tahu apa yang kita butuhkan, dan kapan waktu yang tepat mewujudkan apa yang kita inginkan.
- Sadar apapun yang terjadi adalah kehendak Allah dan izin Allah, sehingga kita tidak akan pernah kecewa karena yakin itu yang terbaik yang telah Allah gariskan untuk kita
- Jalankan semua karena Allah, inshaAllah berkah dan bikin tenang.
- Tetap pantau keadaan bayi dengan sering-sering USG.. ini salah satu ikhtiar aku selama hamil. Ini bantu banget..jadi kita bisa antisipasi segala kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi. Apalagi aku kemarin-kemarin sambil kerja..urus gawe tiap hari ga ada liburnya..kesana kemari selalu keluar naik motor..begadang juga, kadang khawatir asupan makanan cukup ngga, plasenta, posisi, massa bayi aman gak.. detak jantung.. aku tetep pantau. Alhamdulillah kalau kita mau ikutin saran bidan dan tetep berdoa..inshaAllah lancar-lancar aja. Tapi tetap semua tergantung takdir Allah, ada kok yang ga pernah USG tapi baik-baik aja hehe. Disesuaikan aja kalau ini. Kalau saranku ya inu.. Soalnya aku emang lebih pilih pantau terus alyas USG terus (kalau aku sama suami bilangnya jenguk anak) agar siap apapun yang terjadi (baik/buruknya). Allahu akbar!

Aku juga mau share doa-doa yang sering aku panjatkan ketika hamil:
"Ya Allah..
Lancarkanlah proses hamil hamba, proses melahirkan, menyusui, dan membesarkan anak.
Jadikan keturunan hamba anak soleh soleha, yang takut kepada-Mu, taat kepada-Mu, taat pada kami orangtuanya.
Gantilah semua rasa sakit yang hamba rasakan nanti dengan anak yang sholeh sholeha"

Sungguh semuanya terjadi karena kehendak dan izin Allah..mashaAllah..
Semoga yang saat ini sedang menantikan waktu lahiran, dilancarkan setiap prosesnya. Yang pilih normal semoga ga pake induksi-induksian kayak aku.. kalau sudah muncul kontraksi bisa langsung brojol Aamiin..

Untuk yang sedang menantikan buah hati..jangan pernah patah semangat.. Punya pasangan yang setia dan membuat kita semakin baik adalah rejeki dari Allah yang juga patut disyukuri, juga nikmat kesehatan yang baik dan tidur yang nyenyak. Tetap semangat ikhtiar. Sungguh kalau negatif, artinya Allah menyayangi kita karena memberikan banyak waktu berdua dengan pasangan untuk mempersiapkan datangnya malaikat kecil. Dan jika hasil positif..artinya Allah juga menyayangi kita karena memberi tanggung jawab lebih harus menjaga apa yang Allah titipkan (anak). Semoga selalu bahagia dan bersyukur dengan apapun rejeki yang selalu Allah berikan hingga saat ini. InshaAllah.. segera mendapatkan apa yang diidam-idamkan selama ini. Aamiin

No comments:

Post a Comment