Pages

Friday, June 21, 2019

Happy 10th and Barakallah for my 27years :)

Cihuyyyy..
Alhamdulillah untuk semua kesempatan yang selalu diberikan Allah untuk jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, selama 27tahun ini.. yeaaay!! Masih harus banyak belajar :'( apalagi sebentar lagi bakal jadi ibu..inshaaAllah.. Semoga Allah selalu mempermudah langkah ini.

Setiap bertambah usia..selalu inget qadarallah yang mempertemukan aku dan suami. Gimana ngga.. aku dan suami ketemu pertama kali pas aku ulang tahun 10tahun yang lalu, pas usiaku 17tahun. Lucu aja kalau diingat bagaimana perjuangan kami sampai ke titik ini..eaaaak. Bagaimana ups and downs-nya..mashaAllah. Sungguh Allah Maha Mengatur segala sesuatu.

Jadi pengen nostalgia waktu awal ketemu hahaha.

Awal ketemu..hemmm pernah aku bahas di postingan sebelumnya ga ya? Lupa lagi wkakakakak. Oke biar runtun aku ceritain. Let's go flashback!

Saat itu bapak ngijinin aku ngerayain sweet seventeen, Mei 2009, dengan syarat aku ngurusin semuanya sendiri (karena bapak sibuk jadi ga bakal sempat ngurusin). Oke. Bisalah ngurusin sambil sekolah, les, ekskul, dll. Intinya curi-curi waktu mikirin dekornya, undanganya, dll. Dan sampailah mendekati hari H..keteteran dong wkwkwkkwkwk. Undangan belum jadi.. dipredisikan sama percetakannya semuanya jadi pas hari H waduh ojaaaaan. Kue tart juga ga ada alamaaaak (taunya pas acara..dapet kue tart gretong dibuatin tante Sri..alhamdullah. Love tanteee!). Di percetakan di-order-nya undangan sama banner segede gaban..yang ada muka akunya nampang.. udah kaya banner caleg kalo diinget-inget wkwkkwk asemilikiti. Undangannya custom cuy alyas design sendiri dasar banyak maunya :( Intinya semuanya belum rampung sampai sebelum hari H (tgl 28 Mei nya hari ultahku)..gaswat beud alibabaaaa.. Karena itu lah hari H dipakai buat nganter undangan (kebetulan undangannya jadi tgl 28 Mei) -_- Jadi acara ultahnya dirayain tgl 30 Mei 2009, malem, tertulis di undangan. Karena tgl 28 Mei itu sorenya meng-alpa-kan kesibukan wkwkwkkw (kalau ga salah sore itu harusnya ada ekskul), akhirnya dipakai buat nganter undangan. Yang nganter undangan? Aku. Yang ultah? Aku. Daaan salah satu rumah yang aku kunjungin itu rumahnya abang wakakakkak. Lah kan belum kenal? Iya. Sebenernya aku kenal dengan kakaknya abang, kakak kelas waktu SMA. Gaya amiiiit ngundang kakak kelas wkwkkwkwkwk. Bukannya sok akrab sama kakak kelas gess..ini kebetulan kakak kelas yang satu ini emang udah kayak kakak sendiri (ternyata jadi kakak ipar aku sekarang mashaAllah) dan lagi di Sumbawa (libur kuliah). Katanya mau datang kalau diundang dan acaranya ada games nya..begono. Lanjut.

Aku datang pakai motor, si merahku, parkir di depan rumahnya. Taunya abang keluar. Waduh adiknya kayanya ini, pikirku, males gilaaaak wkwkkwkwk. Karena adiknya cowo dan aku males basa basi -_- sok cakep pulak gesss kalo liat tingkahnya abang ini tambah males kan aku, jadi ga mau natap orangnya..bodo amat. Entah kenapa kalau ada orang sok cakep kaya gitu..pengen aku lempar rasanya pake spion motor.
Aku masih di luar pagar. "Betul ini rumah ka Rosi?" Kataku.
"Iya betul..masuk dah. Ndak ada di rumah dia. Saya adiknya." jawabnya.
Aku cuma maju beberapa langkah, niat ngasih undangan.
Eh abang malah tiba-tiba duduk di pinggiran taman depan teras rumahnya, deket pagar.
Dalam hati, "lah malah duduk ini orang" -_-
Terus karena gamau panjang lebar apalagi takut diajak kenalan wkwkwkwk aku langsung ngasih undangannya.
"Mau titip undangan buat ka Rosi." kataku sambil ngasih undangan.
"Oh.. di mana ini?" abang tanya sambil pegang undangan.
"Di rumah saya si. Ada si disana alamatnya." jawabku. "Datang dah kalau mau. Datang berdua sama ka Rosi."
"Iyadah inshaAllah." kata abang lagi
"Iyadah. Pulang dulu assalamu'alaikum" langsung cepet-cepet ke motor cusss pulang. Nyampe rumah aku sms-in kakaknya Abang kalo undangannya aku titipin ke adiknya, dan nyaranin ngajakin pacarnya juga kalau mau haha

Malemnya pas acara, beneran datang lah wkwkwkk pake baju merah. Kaget aing. Pas di acara juga aku cuma ngomong "ayo masuk, makan." nyuruh ngambil makanan ke dalam rumah (karena duduk di depan gerbang rumah). Interaksinya cuma itu aja, acara jalan kaya kebanyakan acara dan ternyata ga pake games karena waktu ga cukup wkwkwk maaf namanya juga dadakan. Lanjut.

Naaah ga lama sejak acara itu, abang nge-add friend di fb sering komen-komenan, sampai akhirnya tuker-tukeran nomor hp. Aslinya aku males banget ini wkwkkwkw niatnya kalo dihubungi, aku gamau serius nanggepin. Dulu kalau abang pengen maen ke rumah, sering aku tolak pake alesan ada tugas sekolah wkkwkwkw tapi emang bener loooh jadi emang ga pernah bohong. Kalau lagi free alyas emang tugas udah ga ada, ya aku bilang gppa ke rumah..tapi seringnya tetep ada tugas wkwkwkwk. Jadi emang jarang ke rumah. Kalau ke rumah, kami duduk-duduk di teras. Entah kenapa penginnya waktu cepet berlalu aja kalo abang udah ke rumah, biar aku bisa santai-santai. Tapi lama kelamaan, nyambung juga kalo ngobrol (entah sms atau ngobrol langsung), malah jadi sahabat banget karena sering nampung curhatanku yang ga penting bin galau wkkwkwkwk. Abang juga gitu. Kebetulan hobi kita juga sama makanya gampang akrabnya. Kalau ngobrol, ya bahas teknik gambar/lukis, bahas anime, bahas game, seru. Cuma itu aja yang bikin males ke abang, sok cakepnya itu loooooh, sok iye nya juga haduuuuh.. suka garing juga kalau becanda..menurutku waktu itu. Dalam hati "ampun dah..ga suka orang kaya gini, cukup sahabat." See.. ga ada yang tau ketetapan / takdir Allah.. ternyata dia malah jadi jodohku hahaha.

Masa-masa SMA berlalu gitu aja. Lanjut kuliah. Keep contact. Karena kuliah di luar kota dan aku juga sibuk banget pacaran sama tugas, konteknya via fb.. kalau aku on fb kadang dia chat. Ya nanya kabar, ngasih semangat, ya saling curhat tetep wkwkwkkw. Tapi jarang.. bener-bener pas lagi senggang aja atau on chat fb (soalnya sering on fb tapi off-in chat).. ada kali ya 2 bulan sekali. Pas balik ke Sumbawa lagi libur dan ga sibuk sama tugas, baru interaksi lagi..abang biasanya maen ke rumah.

Beberapa bulan sebelum lulus kuliah, komunikasinya makin sering dan abang ini semakin lama semakin 'aneh', semoga aku salah pikirku waktu itu. Agustus 2014 aku pulang ke Sumbawa (nunggu wisuda September 2014), dan aku masih jomblo wkwkwkwk. Abang tau aku udah di Sumbawa (karena keep contact kan), jadi pasti datang maen ke rumah (sebelumnya chat dulu aku di rumah apa ngga, padahal tau aku ga jarang keluar). Dan masih ngerasa aneh, sumpah makin lama gelagatnya makin kelihatan, kaya orang pedekate! Aku mulai ga nyaman. Kalau chat juga perhatian banget dan posesif abesss. "Anjiiiir kenapa ini orang..jangan sampai ada yang berubah.." dalam hati. Berharapnya jangan sampai aku kehilangan sahabat + kakak sekaligus karena perasaan dia yang aneh itu. Waktu itu aku masih positive thinking, mungkin karena dia udah kolot aja pemikirannya dan nganggep aku adiknya makanya sikapnya kaya gitu, jadi ga berani nyimpulin macam-macam. Intinya balik ke Sumbawa fokus nyari kerja (walaupun saat itu bapak sibuk nyuruh lanjut S2). Haaa pokonya harus dapet kerja. Tambah lah hati kaya kutup utara dan tetep tertutup sama urusan cinta-cintaan. Ga mau sembarangan buka hati, walaupun ada orang yang deket, belum tentu jodoh, ya kan? Intinya, itu biar jadi urusan Allah.

Jalan beberapa minggu setelah itu..semakin aneh tingkahnya.. dan akhirnya (mungkin karena dipikirnya aku ga peka) dia memperjelas perasaannya, September 2014, dia bilang sayang.. Pret... HAH-_- Dari kapan???? kan aku penasaran. Terus dia jawab, DARI. AWAL. KETEMU. Wadoooooooooooh mendadak pusing, tidur tak tenang, makan tak teratur (maag buk?). Kenapa pulak manusia ini ya Allah...pikirku. Saat itu bener-bener aku seperti kehilangan salah satu orang penting dalam hidup. Ga mungkin jadian karena suatu alasan. Jadi serba salah.. Kalau jadian, aku jahat karena ga bisa bales perasaannya. Tapi kalau ga jadian, ga yakin bakal nyaman kedepannya. Ujung-ujungnya..aku milih ngehindar, ga mau kontekan, gamau ketemu, takut. Curangnya..dia tetep ke rumah, sedangkan orang tua tetep di rumah dah aku gamau mereka curiga kalau 'ada apa-apa'. Sejak saat itu aku mulai berdoa ke Allah..untuk dekatkan dia kalau dia emang jodohku, dan jauhkan kalau bukan. Dan Allah ijabah doa aku, diperjelas, karena cuma dia yang deket -_- Hari-hari setelahnya yang aku ingat, aku ngelihat perjuangan dia yang bikin hati aku cair. Hari-hari itu isinya perdebatan yang kadang bikin aku emosi, juga pernyataan-pernyataan dia buat yakinin aku. Dan akhirnya perjuangannya ga sia-sia.. karena tgl 19 November 2014 itu kami sepakat untuk coba jalanin, walaupun abang tau waktu itu aku belum sepenuhnya buka hati :( tapi waktu itu abang selalu bilang pasti bisa..inshaAllah.. dan tetep sabar hadapi aku. Makasi banyak abang.. :'(

Waktu berlalu.. aku gatau pastinya kapan, yang jelas perlahan-lahan aku bisa nerima abang. Kami tetap sama, bedanya kami mulai komitmen satu sama lain dan ngatur planning kami kedepannya. Saat itu aku sadar kalau dia bisa jadi partner yang melengkapi aku, dengan kata lain kami bukan cocok 100%, tapi inshaAllah bisa saling melengkapi 100%.

Hari-hari pacaran (aku kok lebih suka sebutnya pdkt ya :( soalnya ga pacaran seperti yang orang-orang pikirkan), mungkin bagi sebagian orang ini ngebosenin..ga ada malmingan, trip bareng dll kaya kebanyakan couple. Tapi ga pernah ngebosenin bagi kami. Awal pdkt (baca: pacaran, ini aja yah?), abang yang nemenin aku nyari kerja sampai dapet kerja. Aku sama abang bukan orang yang suka keluar-keluar nongkrong (suka tapi sesekali aja haha), jadi waktu kita ya lebih banyak di rumah masing-masing/ di tempat kerja dan komunikasi kita via WA. Seneng karena sepaham. Kalau mau ngobrol di luar, abang jemput ke rumah dan ijin ke mamak bapak. Selalu diijinin keluar? Kagakkk! Kalau bapak ga boleh, kadang kita ngobrolnya di teras rumah. Ga leluasa wkwkwkwkw malu.. ujungnya ngegambar atau nge-game bareng. Aku mah mending WA-an daripada dia ke rumah wkkwkwkw makanya jarang banget abang ke rumah. Nah kalau di luar, paling ngobrolnya di Taman Mangga, ngejus atau ngopi hahaha. Ngobrolin apa emang? Rencana-rencana kami ke depan! Ini bahasan yang buat kami malu kalau ada orang lain yang dengar. Ibarat belum jadi apa-apa woy..udah bahas gituan..preeet. But..I don't careee. Entah kenapa..hidup kami tak lepas dari planning, dan kami sadar bahwa kami bisa merencanakan, namun atas izin Allah semuanya terjadi.

Bahas planning. Rumah yang saat ini kami tempati juga hasil planning kami selama pdkt. Kami sepaham untuk tidak tinggal di rumah ortu setelah menikah. Ngekos kek.. ngontrak kek.. apalah. Tapi kami milih ngambil rumah di BTN. Karena statusku saat itu masih karyawan swasta, kami sepakat pakai namaku untuk pengurusan rumah (karena kalau pake nama abang yang wiraswasta, dokumennya lebih ribet). Jadilah kami berdua nabung demi dapet rumah yang kami incar. Setelah observasi sana sini, Januari 2017 jatuhlah pilihan kami pada salah satu perumahan di atas gunung (wkkwkwkwk deket perkampungan kok..tapi emang di dataran yang lebih tinggi lokasinya wkwkwkwk jadi kami nyebutnya gunung, terus lokasinya lebih tinggi daripada rumah ortu kami (di bawah)). April - Juni 2017 pengurusan dokumen perumahan rampung. April-Juni kok lama banget.. iya..soalnya blok yang kami pengenin belum dibangun..masih pondasi. Jadi dokumennya pending di developer perumahan, gitu.. artinya kami ngurusin rumah yang belum jadi wkwkwkwk. November 2017-nya kami sudah mulai bayar cicilan rumahnya dan ini udah bentuknya sudah hampir kayak rumah wkkwkwk. Terus kami mulai mikirin isi rumah. Nyicil furniture-nya sejak Mei 2018, dan kami siap tempati setelah nikah September 2018. Sumpah kalau diingat..semuanya serba ngesot-ngesot.. Ada yang bilang, "enak yaa sudah punya rumah.." Aku sama suami saling lihat dan kadang tepok jidat mikirin perjuangan kami :( Tapi tetep.. Alhamdulillah, dapat amanah dari Allah.. dititipin rumah, Allah yang kasih, Allah yang mudahkan, barakallah. Di dunia ini ada pasutri yang dari awal bahkan rumah di support ortunya (entah rumahnya diberi ortu, atau dapat tambahan dana dari ortu buat beli rumah), ada yang dari awal tanpa support sepeserpun dan ini kami. Tapi sungguh, ini yang membuat kami ngehargai apa yang dititipkan ini setelah melihat sendiri setiap proses yang kami alami. Ortu sempat kaget setelah tau kami ngambil rumah, terlebih setelah tau lokasinya wkwkwkkwk. Gppa lah.. karena tekat kami memang sudah bulat, kami ingin mandiri. Ternyata Allah memberikan kami rejeki waktu buat ngejar punya rumah sendiri. Alhamdulillah. Untuk semua yang menginginkan rumah sendiri..selamat menabung bersama pasangan.. Sumpah rumah itu mehoooong banget (bagiku sih yaa :'D) bukan kaya beli kerupuk :'( belum DP nya..belum cicilan bulanannya..alamaaaak.. semoga rejeki kita selalu dilancarkan Allah ya.. Aamiin Yaa Rabb. Kapan-kapan aku posting pengalaman pengurusan KPR alyas kredit rumah.. siapa tau bisa jadi motivasi teman-teman yang ingin ngambil rumah kaya aku dan suami.

Lanjut. Semuanya serba planning. Karena dari awal nentuin bakal tinggal dimana dan fokus wujudinnya, akhirnya kami fokus untuk urusan nikah. Alhamdulillah setelah proses yang cukup panjang..aku dan abang naik level ke status "tunangan" tgl 22 April 2018. Lalu kami menikah tgl 2 September 2018.

Planning langsung punya anak ternyata ga secepat itu. Allah berkehendak lain. Allah mengijinkan kami pacaran 2bulan dulu, baru kemudian saya hamil.

Planning ngatur interior dan exterior rumah juga udah lama bangettt dari jaman pdkt. Jadi sejak itu aku mulai ngumpulin contoh interior rumah, kaya ruang keluarga, kamar, dapur, taman, dll, buat inspirasi. Ada juga yang hasil modifan sendiri, jadi desainnya di buku tulis biasa khusus desain rumah. Kebetulan aku suka style scandinavian. Tapi..belum terealisasi sepenuhnya. Kami pending dulu karena sempat ngalamin ujian dari Allah.. kios suami di pasar terbakar pada akhir Januari 2019, jadi kami fokus memulihkan usaha. Alhamdulillah Allah nyuruh kami bersabar dulu untuk urusan rumah dan nabung lagi dari awal. Saat ujian itu, usia kehamilan saya sudah 3bulan di dalam perut, dan Alhamdulillah kami bisa melewatinya sama-sama.

Eh btw, walaupun udah punya rumah, ortu kami tetep minta kami visit ke rumah mereka, jadi ya tetep kami kebayakan 'di bawah' wkwkwkkw, kebetulan aku dan suami juga kerjanya 'di bawah'.. jadi 'ke atas' cuma pulang tidur dan masak pagi aja paling zzzz.

Nama anak juga sudah kami planning-kan.. inshaAllah kalau dilancarkan hingga proses melahirkan nanti. Rahasia dulu yaaa hahaha. Yang pasti udah ada nama cewe dan cowo (walaupun USG hasilnya tetep cewe, gppa kan yaaa siapa tau Allah berkehendak lain hehe).

Sekian..
Panjang juga ceritanya yak..
Hikmahnya:
- Kita semua bisa merencanakan, tapi tetap semua tergantung approval Allah. Hanya Allah yang tau apa yang terbaik untuk kita saat ini dan kapan waktu terbaik mewujudkan apa yang kita inginkan.
-Ga usah lah pake cwet cpentin cepentinan wkwkkwkwk alayyy. Aku nyesel loh sekarang..sumpah. Harusnya aku syukuran aja.. isinya kaya pengajian gitu.. ngundang anak-anak yatim piatu..wuuu mantep. Ngundang temen-temen.
-Jangan terlalu membenci sesuatu, apalagi lawan jenis wkkwkwkw siapa tau ntar jadi jodoh loooo
-Ga ada yang tau siapa jodoh kita. Aku dan abang contohnya.. kita berdua seperti terikat pada seutas benang yang kruwel-kruwel, gatau aku dimana, abang dimana. Pas dibenerin, ternyata kami berdua memegang masing-masing ujungnya alyas berjodoh. Qadarallah juga ternyata kakak kami (ka Rosi) menjembatani aku dan abang..mashaAllah. Benar-benar Allah Pemilik Skenario Terbaik.

Saat ini usiaku bertambah..tapi sebenarnya waktuku semakin berkurang :( Semoga Allah selalu memberkahi setiap langkahku.. Aku dan suami selalu sehat, keluarga juga, orang-orang terdekat juga.. Semoga kelak aku bisa menjadi ibu terbaik bagi anakku..
Akhir kata..semoga kita semua selalu sehat sehingga bisa terus menjalankan ketaatan pada-Nya. Aamiin Yaa Rabb.

No comments:

Post a Comment